Neraca Perdagangan Indonesia dengan Montserrat Surplus US$ 10 Ribu

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 08/12/2022 18:39 WIB
Neraca Perdagangan Indonesia ke Montserrat Tahun 2020
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Neraca perdagangan Indonesia dengan Montserrat mengalami surplus US$ 10 ribu pada 2020. Nilai neraca perdagangan ini naik 135,71% dibandingkan neraca tahun sebelumnya yang tercatat US$ -28 ribu.

Positifnya neraca perdagangan ini, menurut data Trademap, disokong oleh nilai ekspor Indonesia yang mampu menembus angka US$ 13 ribu. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan kegiatan impor Indonesia dari Montserrat yang tercatat US$ tiga ribu.

Kegiatan ekspor Indonesia ke Montserrat, dalam satu tahun terakhir dalam tren naik. Tahun sebelumnya nilai ekspor Indonesia sebesar US$ satu ribu.

Adapun untuk impor, menurut data Trademap terjadi penurunan 89,66% dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat di angka US$ 29 ribu.

Berdasarkan jenis produk, terdapat dua produk utama andalan ekspor indonesia ke Montserrat yang terbukti mampu mencatatkan surplus selama 2020. Total nilai ekspor produk utama ini mencapai US$ 13 ribu.

Daftar dua produk utama ekspor Indonesia ke Montserrat

  1. (HS 87) : Kendaraan selain stok kereta api atau trem, dan suku cadang dan aksesorinya
  2. (HS 06) : Pohon hidup dan tanaman lain;umbi, akar dan sejenisnya;Potong bunga dan dedaunan hias

Secara global neraca perdagangan untuk seluruh produk barang, kali ini lebih baik karena terjadi peningkatan pada beberapa produk jenis barang. Nilai total neraca perdagangan Indonesia tercatat US$ 21,68 miliar atau naik 703,56%. Dengan kata lain, Indonesia mencatatkan surplus neraca perdagangan. Tahun sebelumnya neraca perdagangan Indonesia dengan seluruh negara di dunia tercatat US$ -3,59 miliar.

Data Populer
Lihat Semua