Survei Indikator: TNI Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 29/11/2022 11:00 WIB
Kepercayaan Masyarakat Terhadap Lembaga Negara (November 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah lembaga negara yang mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat. Hal ini diketahui dari hasil survei Indikator yang dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022.

Direktur Ekskutif Indikator Politik Burhanudin Muhtadi mengatakan, tingkat kepercayaan terhadap TNI mencapai 92,9%. Sedangkan yang tidak percaya 5% dan yang tidak percaya sama sekali terhadap lembaga tersebut hanya 1%.

Lembaga yang mendapat kepercayan tertinggi dari masyarakat berikutnya adalah Presiden, yakni sebesar 88,4%. Diikuti Mahkamah Agung (MA) dengan tingkat kepercayaan 80,4% dan Mahkamah Konstitusi (MK) 79,6%.

Setelahnya ada Kejaksaan Agung dengan tingkat kepercayaan masyarakat sebesar 77,5%, lalu Pengadilan 76,8%, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 71,9%, dan Komisi Pemberantasan Korupsi sebesar 71%.

Ada pula Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang meraih kepercayaan masyarakat sebesar 68,7%, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 64,2%, Polri sebesar 60,5%, serta partai politik sebesar 56,7%.

(Baca: Indikator Politik: BPOM Dinilai Paling Bertanggung Jawab atas Kasus Gagal Ginjal Akut Anak)

 

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.