Amerika Latin, Produsen Energi Listrik Terbarukan Terbesar pada 2021

Energi
1
Cindy Mutia Annur 11/11/2022 16:20 WIB
Produsen Energi Listrik Terbarukan Global Berdasarkan Wilayah (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perusahaan konsultan energi, Enerdata, melaporkan produksi energi listrik terbarukan global baru mencapai 28,1% pada 2021. Jumlah itu masih rendah jika dibandingkan produksi energi listrik nonterbarukan yang sebanyak 71,9%.

Amerika Latin merupakan wilayah produsen energi listrik terbarukan terbesar di dunia pada tahun lalu. Persentasenya mencapai 57,5%.

Negara produsen energi listrik terbarukan terbesar di Amerika Latin yakni Brasil. Persentase Brasil mencapai 78,4%, sehingga menempatkannya di peringkat ketiga di dunia.

Posisi selanjutnya ditempati Eropa dengan persentase 40,7%. Norwegia tercatat sebagai negara produsen energi listrik terbarukan terbesar di Eropa dan dunia.

Berikutnya, wilayah Asia Pasifik memiliki persentase produksi energi listrik terbarukan terbesar ketiga yakni 34,2%. Diikuti wilayah Amerika Utara dan Afrika dengan persentase masing-masing 26,5% dan 22,1%.

Kemudian, wilayah Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) atau bekas jajahan Uni Soviet memiliki persentase produksi energi listrik terbarukan 19%.

Sementara itu, wilayah Timur Tengah menempati peringkat terbawah dengan persentase produksi energi listrik terbarukan hanya 2,2%.

(Baca: Daftar Negara Produsen Energi Listrik Terbarukan Terbesar, Ada Indonesia?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.