Keuangan Mulai Bangkit di Kuartal III 2022, Netflix Sediakan Layanan Murah

Media
1
Annissa Mutia 04/11/2022 16:30 WIB
Pendapatan Netflix Kuartal III 2021 vs 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kinerja keuangan perusahaan streaming video, Netflix, mulai bangkit pada kuartal III 2022. Pendapatan Netflix kembali naik setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan pada tahun 2022 ini.

Dalam laporan pendapatan perusahaan kuartal III-2022, pendapatan Netflix meningkat sebesar 5,9% YOY menjadi US$7,9 miliar, sedikit melampaui prediksi analis yang sebesar US$7,85 miliar.

Perbaikan keuangan Netflix ditopang oleh jumlah pelanggan berbayar yang bertambah 2,4 juta pelanggan dalam skala global. Angka tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibanding jumlah yang diproyeksikan perusahaan pada kuartal sebelumnya. Jumlah kenaikan pelanggan Netflix pada kuartal III 2022 mulanya diprediksi hanya sekitar 1,09 juta pelanggan.

Sayangnya, laba perusahaan masih turun sekitar 3 persen dari 30 September 2021. “Setelah paruh pertama yang menantang, kami yakin kami berada di jalur untuk mempercepat pertumbuhan,” tulis perusahaan dalam surat resminya. Selama berbulan-bulan sekarang, raksasa streaming itu menghadapi kesulitan keuangan.  Pada pertengahan April 2022, perusahaan melaporkan kehilangan pelanggan pertamanya dalam satu dekade pada saat analis memperkirakan keuntungan lebih dari dua juta.

Untuk menambah keuntungan pada kuartal berikutnya, Netflix mengumumkan layanan lebih murah yang didukung iklan dengan biaya US$6,99 dolar AS per atau sekitar Rp107 ribu per bulan. Layanan ini akan hadir pada 3 November untuk pengguna Amerika Serikat (AS). Namun, layanan yang didukung iklan tidak disertai fitur untuk mengunduh film atau serial TV.

(baca: Sempat Ditinggal Pelanggan, Netflix Tambah 2,4 Juta Pelanggan pada Kuartal III 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.