Ini Merek Perangkat TV Digital Paling Populer di Skala Global

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 04/11/2022 19:40 WIB
Pangsa Durasi Menonton TV Digital menurut Merek Perangkat (Kuartal II 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah Indonesia resmi menghentikan siaran TV analog di Jabodetabek dan menggantikannya dengan siaran TV digital mulai Rabu malam (2/11/2022).

"Migrasi dari TV analog ke TV digital alias analog switch off ini menandakan sejarah baru di bidang pertelevisian Indonesia, mulai dari Jabodetabek untuk Nusantara," kata Menkominfo Johnny G. Plate, seperti dilansir Katadata.co.id, Kamis (3/11/2022).

Menurut perusahaan riset Conviva, tren streaming atau menonton konten/siaran digital secara langsung tanpa download memang terus menguat di seluruh dunia.

Dalam laporan State of Streaming edisi September 2022, Conviva menyatakan durasi aktivitas menonton konten/siaran digital secara global naik 14% (year-on-year/yoy) pada kuartal II 2022.

"Pertumbuhan durasi menonton streaming paling besar tercatat di wilayah Asia, yakni tumbuh 90% secara tahunan. Kemudian di wilayah Amerika Latin tumbuh 70%, Oseania tumbuh 26%, dan Afrika tumbuh 22%," kata Conviva dalam laporannya.

Conviva mencatat, pada kuartal II 2022 durasi menonton konten/siaran digital paling banyak dilakukan lewat perangkat connected TV device merek Roku.

Connected TV device adalah alat bantu yang dipasang ke televisi biasa agar dapat menerima siaran atau transfer data digital, seperti set top box, TV stick, dan perangkat digital media receiver lainnya.

Durasi menonton konten/siaran digital lewat connected TV device merek Roku tercatat mencapai 30,5% dari total durasi streaming global per kuartal II 2022.

Durasi menonton terlama berikutnya ditemukan di perangkat connected TV device merek Fire TV, kemudian smart TV merek Samsung dan perangkat Android TV.

Smart TV adalah televisi yang sudah memiliki konektivitas internet. Sedangkan Android TV adalah smart TV yang terintegrasi dengan sistem perangkat lunak dan aplikasi digital besutan Google.

Conviva mengumpulkan data penggunaan perangkat ini lewat platform unik yang mereka kembangkan. "(Platform Conviva) tertanam dalam 3,3 miliar aplikasi video streaming, mengukur lebih dari 500 juta penonton unik di lebih dari 180 negara," kata mereka.

(Baca: Ini Stasiun TV Nasional yang Paling Sering Ditonton Warga)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.