Impor Sereal Indonesia dari Ukraina Naik Menjadi US$ 946,52 Juta

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 07/10/2022 16:56 WIB
Produk Utama yang Diimpor Indonesia dari Ukraina pada 2021
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan impor dengan Ukraina US$ 1,04 miliar data per Desember 2021. Nilai tersebut naik 8,08% dibandingkan impor tahun sebelumnya yang tercatat US$ 963,06 juta.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Ukraina, impor dalam 10 tahun terakhir dalam tren naik. Tahun 2021 merupakan catatan sejarah dengan rekor nilai impor tertinggi.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diimpor dari Ukraina, 0,04 ribu produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Selain itu menurut data Trademap, dari negara ini terdapat satu produk utama Indonesia yang diimpor setiap tahun. Artinya, ada ketergantungan cukup besar untuk produk-produk impor tersebut. Lainnya, sebagian besar produk merupakan impor produk yang juga banyak diimpor dari negara lain yang jumlahnya tercatat ada 0,05 ribu produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diimpor Indonesia dari Ukraina. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Sereal
  2. Sereal dalam kategori produk dengan kode HS 10. Impor produk ini dari Ukraina berada di urutan pertama. Indonesia mengimpor sebanyak US$ 946,52 juta. Nilai impor Sereal ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 710,42 juta.

  3. Besi dan baja
  4. Di urutan kedua, impor Indonesia paling banyak adalah produk Besi dan baja. Nilai impor dari Ukraina pada 2021 tercatat US$ 53.335 ribu. Angka ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 214,64 juta.

  5. Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler
  6. Selain itu Masuk dalam kode HS 84, Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler merupakan kelompok produk barang impor yang dikategorikan bersama dengan dan bagiannya. Indonesia mengimpor US$ 10.948 ribu. Data Trademap memperlihatkan aktivitas dagang Indonesia mengimpor Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler dari 151 negara. Impor Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler dari negara ini berada di urutan 37. Negara lain yang masuk lima besar suplier produk impor ini ke Indonesia adalah Cina, Jepang, Thailand, Korea, Republik dan Amerika Serikat.

  7. Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya
  8. Di urutan ke keempat adalah Masuk dalam kode HS 85, Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya merupakan kelompok produk barang impor yang dikategorikan bersama dengan dan Perekam dan reproduksi suara, televisi.. Indonesia mengimpor sebanyak US$ 6.403 ribu. Selain Ukraina, Indonesia juga mengandalkan impor Mesin dan peralatan listrik dan bagian -bagiannya dari Cina, Singapura, Taipei, Cina, Jepang dan Korea, Republik. Selain negara utama tersebut, Indonesia tercatat mengimpor produk ini dari 142 negara lainnya.

  9. Produk dari industri penggilingan
  10. Indonesia juga banyak mengimpor Produk dari industri penggilingan dari Ukraina. Nilai impor produk ini US$ 5.093 ribu. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 6.128 ribu. Impor Produk dari industri penggilingan dari Ukraina tercatat berada di urutan sembilan. Selain negara tersebut, impor terbesar Produk dari industri penggilingan berasal dari India, Thailand, Cina, Belgium dan Belanda. Indonesia juga tercatat mengimpor produk ini dari 29 negara. .

Data Populer
Lihat Semua