Indonesia Ekspor Kopi Senilai US$ 20.184 Ribu ke Georgia

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 06/10/2022 14:46 WIB
Produk Utama yang Diekspor Indonesia ke Georgia pada 2020
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan ekspor dengan Georgia sebesar US$ 45,37 juta data per Desember 2020. Nilai tersebut naik 7,49% dibandingkan ekspor tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$ 42,21 juta.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Georgia, ekspor dalam 10 tahun terakhir telah banyak berkurang. Terendah ekspor Indonesia adalah US$ 38,14 juta dan untuk ekspor tertinggi di angka US$ 72,75 juta.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diekspor ke Georgia, 0,03 ribu produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Kebanyakan produk ekspor ke tempat ini, merupakan ekspor produk yang juga banyak diekspor ke negara lain yang jumlahnya tercatat ada 0,03 ribu produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diekspor Indonesia ke Georgia. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Kopi, teh, maté, dan rempah -rempah
  2. Di urutan pertama, Indonesia banyak mengekspor Kopi, teh, maté, dan rempah -rempah. Dalam klasifikasi tradmap, Kopi, teh, maté, dan rempah -rempah masuk kategori produk HS dengan kode 09.

    Pada 2020, Indonesia tercatat mengekspor sebanyak US$ 20.184 ribu. Nilai ekspor Kopi, teh, maté, dan rempah -rempah ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 20.142 ribu.

  3. Lemak dan minyak nabati atau minyak dan produk belahannya
  4. Di urutan kedua, ekspor Indonesia paling banyak adalah produk Lemak dan minyak nabati atau minyak dan produk belahannya. Nilai ekspor dari Georgia pada 2020 tercatat US$ 14.305 ribu. Angka ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 11.147 ribu.

  5. Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler
  6. Indonesia tercatat mengekspor produk ini ke 156 negara. Ekspor Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler ke negara ini berada di urutan 56. Pada 2020, Indonesia tercatat melakukan ekspor US$ 3.896 ribu. Selain negara tersebut, ekspor terbesar Mesin, peralatan mekanis, reaktor nuklir, boiler dengan tujuan ke Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Thailand dan Jerman.

  7. Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan..
  8. Di urutan ke keempat adalah , Indonesia juga mengekspor senilai US$ 1.324 ribu Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan.. ke Georgia. Nilai ekspor produk ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 646 ribu. Data Trademap memperlihatkan aktivitas dagang Indonesia mengekspor Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan.. ke 164 negara. Ekspor Sabun, agen aktif permukaan organik, persiapan cuci, persiapan pelumas, buatan.. ke negara ini berada di urutan 84. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Malaysia, Filipina, India, Cina dan Thailand.

  9. Karet dan artikelnya
  10. Produk lainnya , Indonesia banyak mengekspor Karet dan artikelnya ke Georgia. Nilai ekspor produk ini tercatat sebanyak US$ 786 ribu. Jumlah ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 614 ribu. Ekspor Karet dan artikelnya ke Georgia tercatat berada di urutan 82. Lima negara lain yang menjadi sumber ekspor Karet dan artikelnya adalah Amerika Serikat, Jepang, Cina, India dan Korea, Republik.

Data Populer
Lihat Semua