Indonesia Ekspor Kendaraan selain Stok Kereta Api atau Trem Senilai US$ 30.627 Ribu ke Timor Baca

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 04/10/2022 14:43 WIB
Produk Utama yang Diekspor Indonesia ke Timor Baca pada 2020
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan ekspor dengan Timor Baca US$ 221,4 juta data per Desember 2020. Nilai tersebut naik 5,06% dibandingkan ekspor tahun sebelumnya yang tercatat US$ 210,74 juta.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Timor Baca, ekspor dalam 10 tahun terakhir jumlahnya telah cukup banyak berkurang. Terendah ekspor Indonesia adalah US$ 189,66 juta dan untuk ekspor tertinggi di angka US$ 258,17 juta.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diekspor ke Timor Baca, 0,03 ribu produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Selain itu menurut data Trademap, ke negara ini terdapat satu produk utama Indonesia yang diekspor setiap tahun. Artinya, ada ketergantungan cukup besar untuk produk-produk ekspor tersebut. Lainnya, sebagian besar produk merupakan ekspor produk yang juga banyak diekspor ke negara lain yang jumlahnya tercatat ada 0,09 ribu produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diekspor Indonesia ke Timor Baca. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Kendaraan selain stok kereta api atau trem, dan suku cadang dan aksesorinya
  2. Kendaraan selain stok kereta api atau trem, dan suku cadang dan aksesorinya dalam klasifikasi Trademap masuk kategori produk HS dengan kode 87. Ekspor produk ini ke Timor Baca berada di urutan pertama. Indonesia mengekspor senilai US$ 30.627 ribu. Nilai ekspor Kendaraan selain stok kereta api atau trem, dan suku cadang dan aksesorinya ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 33.039 ribu.

  3. Persiapan sereal, tepung, pati atau susu
  4. Di urutan kedua, ekspor Indonesia paling banyak adalah produk Persiapan sereal, tepung, pati atau susu. Nilai ekspor dari Timor Baca pada 2020 tercatat US$ 21.175 ribu. Angka ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 18.287 ribu.

  5. Minuman, roh, dan cuka
  6. Indonesia tercatat mengekspor produk ini ke 75 negara. Ekspor Minuman, roh, dan cuka ke negara ini berada di urutan kedua. Pada 2020, Indonesia tercatat melakukan ekspor senilai US$ 15.260 ribu. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Filipina, Singapura, Nigeria dan Malaysia.

  7. Garam
  8. Indonesia juga banyak mengekspor Garam ke Timor Baca. Nilai ekspor produk ini sebanyak US$ 14.904 ribu. Jumlah ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 14.765 ribu. Ekspor Garam ke Timor Baca tercatat berada di urutan enam. Selain negara tersebut, ekspor terbesar Garam dengan tujuan ke Cina, Bangladesh, Singapura, Filipina dan Taipei, Cina. Indonesia juga tercatat mengekspor produk ini ke 47 negara. .

  9. Tembakau dan pengganti tembakau yang diproduksi
  10. Ekspor produk lainnya adalah Tembakau dan pengganti tembakau yang diproduksi senilai US$ 14.531 ribu. Nilai ekspor produk ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 13.178 ribu. Indonesia tercatat mengekspor produk ini ke 74 negara. Ekspor Tembakau dan pengganti tembakau yang diproduksi ke Timor Baca tercatat berada di urutan 16. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Kamboja, Singapura, Malaysia, Filipina dan Vietnam.

Data Populer
Lihat Semua