Tak Seperti di RI, Harga Gula di Pasar Global Menurun

Perdagangan
1
Adi Ahdiat 22/09/2022 11:50 WIB
Rata-rata Harga Gula Global per Bulan (Januari 2018-Agustus 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah Indonesia menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax mulai 3 September 2022.

Kenaikan harga BBM tersebut diikuti oleh kenaikan harga sejumlah komoditas pangan. Namun, ada juga beberapa komoditas yang harganya masih relatif stabil, salah satunya gula pasir.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, pada September 2022 rata-rata harga gula pasir secara nasional berada di level Rp14.400/kg.

Harga tersebut masih sama dengan bulan Agustus 2022, tapi tetap lebih mahal 11,62% dibanding setahun lalu.

(Baca: Ongkos BBM Naik, Harga Gula Pasir Masih Stabil)

Berbeda dengan di Indonesia, harga gula di pasar global justru terus menunjukkan tren turun dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut data Bank Dunia, harga gula global pada Agustus 2022 berada di level US$0,39/kg. Harga tersebut turun 2,5% dari bulan sebelumnya (month-on-month), serta lebih murah 9,3% dibanding setahun lalu (year-on-year/yoy).

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), penurunan harga pada Agustus 2022 ini dipengaruhi oleh India dan Brasil.

"Penurunan harga gula global pada Agustus terutama dipicu oleh peningkatan kuota ekspor gula di India, serta harga etanol yang lebih rendah di Brasil," jelas FAO dalam laporan di situs resminya, Jumat (2/9/2022).

"Namun, harga tidak menurun lebih jauh mengingat produksi gula di Brasil lebih rendah dari perkiraan akibat cuaca buruk, serta mengingat kekhawatiran terkait kekeringan yang bisa mengganggu panen di Uni Eropa," lanjut FAO.

Kendati harga gula global sudah mengalami tren turun dalam beberapa bulan, harga saat ini masih berada di level tinggi dibanding tahun-tahun sebelum pandemi.

Harga gula global tercatat mulai menanjak sejak Mei 2020, hingga mencapai level tertingginya pada Agustus 2021 dan pertengahan 2022 seperti terlihat pada grafik.

(Baca: Harga Pangan Dunia Menunjukkan Tren Turun Dalam 5 Bulan Terakhir)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua