Ini Cara Cek Legalitas Platform Investasi yang Dilakukan Investor Indonesia

Keuangan
1
Cindy Mutia Annur 22/09/2022 15:30 WIB
Cara Mengecek Legalitas Platform Investasi yang Dilakukan Responden (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei Center Economics and Law Studies (CELIOS) dan Pluang, mayoritas investor di Jawa dan Bali sudah paham cara mengecek legalitas platform investasi.

Sebagian besar atau 40,5% responden survei mengecek legalitas platform investasi dengan mencari status izin platform tersebut di situs regulator, misalnya di situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Kemudian sebanyak 22,1% responden melakukan validasi dengan mengecek nama platform atau nama perusahaan di situs Cekfintech.id milik Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech).

Ada juga 20,4% responden yang mengecek validasi dengan melihat berita, dan 17% mencari informasi terkait platform investasi melalui search engine atau mesin pencarian internet.

"Mayoritas investor sudah mengerti cara mengecek legalitas sebuah platform investasi," tegas CELIOS dan Pluang dalam laporannya yang dirilis Selasa (20/9/2022).

"(Hasil survei) ini menunjukkan bahwa investor sudah cukup tanggap terhadap perkembangan sektor investasi digital dan mau mencari informasi untuk memastikan pilihan mereka benar," lanjutnya.

Adapun survei ini dilakukan pada 20-28 Juni 2022 terhadap 3.530 responden yang dipilih secara acak. Mayoritas responden berasal dari Jawa dan Bali, berusia 24-35 tahun, dan memiliki pekerjaan utama sebagai karyawan swasta.

(Baca: Survei: Warga Paling Percaya dengan Influencer di Media Sosial Sebelum Berinvestasi

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.