Dua E-Commerce Bersaing Ketat Jadi Brand Paling Direkomendasikan, Apa Saja?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 13/09/2022 13:50 WIB
Merek Paling Direkomendasikan di Indonesia 2022 Versi YouGov
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

YouGov mengungkap merek yang paling direkomendasikan oleh konsumen di Indonesia kepada teman atau kolega. Terdapat dua lokapasar atau e-commerce yang bersaing ketat menjadi merek paling direkomendasikan masyarakat.

Lembaga riset pasar dunia asal Inggris tersebut menyebut Tokopedia menduduki peringkat puncak YouGov Recommended Rangkings 2022, setelah hanya menempati peringkat keenam tahun lalu.

Tokopedia mendapatkan skor tertinggi 90,2 poin. Akan tetapi, persaingan untuk posisi teratas sangat ketat, platform e-commerce Shopee menjadi pesaing Tokopedia dengan skor 88,6 poin dan sekaligus mempertahankan posisi kedua.

Selain Tokopedia dan Shopee, Samsung menyusul sebagai merek yang paling direkomendasikan dengan skor 88,2. Posisinya kemudian diikuti Apple Mobile Devices (87,9), Netflix (87,3), Garuda Indonesia (87,0), BCA (86,6), Apple Consumer Electronic (85,6), Indomie (85,4), dan Allianz (84,9).

Menurut riset YouGov, faktor-faktor seperti pengalaman pelanggan, citra merek, nilai merek, emosi, dan kepribadian konsumen memainkan peran penting dalam menentukan apakah seseorang akan merekomendasikan sebuah brand atau tidak.

"Dalam istilah marketing, word of mouth atau memberikan rekomendasi kepada seseorang secara verbal merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan eksposur suatu merek, orang-orang akan jauh lebih mempercayai rekomendasi dari seseorang yang mereka kenal dibandingkan melalui iklan," seperti dikutip dalam keterangan resmi YouGov.

Dalam pemeringkatan ini, YouGov melakukan metode dengan menanyakan pandangan konsumen tentang merek di berbagai pasar. Dengan metode tersebut, YouGov membangun gambaran tentang bagaimana merek ini dipersepsikan oleh masyarakat umum.

Peringkat didasarkan pada skor Rekomendasi positif YouGov BrandIndex, yang mengukur persentase pelanggan merek yang akan merekomendasikannya kepada teman atau kolega.

(baca: Ini Medsos Favorit Komunitas Penggemar K-Pop)

 

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.