Fashion yang Identik dengan K-Pop, Semuanya Merek Eropa

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 07/09/2022 16:40 WIB
Merek Fashion yang Membuat Responden Teringat pada Artis K-Pop (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Banyak perusahaan fashion menggandeng artis K-Pop sebagai duta merek mereka. Adapun menurut survei Katadata Insight Center (KIC), Dior menjadi merek busana yang paling banyak diasosiasikan dengan artis asal Korea Selatan, yaitu Jisoo Blackpink.

"Jisoo Blackpink sebagai brand ambassador Dior merupakan yang paling banyak diingat dari produk pakaian. Tidak hanya Jisoo, ketiga anggota Blackpink lainnya, yaitu Jennie, Lisa, dan Rose yang menjadi duta merek lain juga termasuk top 10 yang paling diingat," jelas KIC dalam laporannya.

Selain Dior, merek busana yang diasosiasikan dengan idol Korea Selatan adalah Chanel, LV, Celine, Prada, Gucci, Fila, dan YSL dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

Uniknya, merek-merek busana yang citranya dinilai lekat dengan artis K-Pop ini seluruhnya berasal dari Eropa, tepatnya Prancis dan Italia.

Hal ini termasuk juga pada merek Fila. Meski sejak 2007 merek tersebut sudah dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan Korea Selatan, namun merek Fila terlebih dulu lahir di Italia.

Survei ini dilakukan KIC terhadap 1.609 penggemar hiburan Korea Selatan yang tersebar di seluruh Indonesia. Responden didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya bisa diunduh di tautan ini.

(Baca: Mayoritas Penggemar K-Pop dan K-Drama Hanya Nikmati Konten Gratisan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.