Bank dengan Citra K-Pop Terkuat, Siapa Juaranya?

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 05/09/2022 17:50 WIB
Nama Penyedia Layanan Keuangan yang Membuat Responden Teringat pada Artis Korea Selatan (Juni 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Banyak perusahaan menggandeng artis K-Pop dan K-Drama sebagai duta merek atau brand ambassador mereka. Strategi pemasaran ini dilakukan oleh beragam industri, termasuk perbankan dan jasa keuangan lainnya.

Adapun di kelompok bank dan penyedia layanan keuangan, merek usaha yang paling banyak diasosiasikan dengan idol Korea Selatan adalah Bank KB Bukopin.

Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 29% penggemar hiburan Korea Selatan di Indonesia teringat pada grup K-Pop Aespa saat melihat merek Bank KB Bukopin. Bank ini juga membuat 27,4% responden lainnya teringat pada BTS.

"Kolaborasi Bank KB Bukopin dengan Aespa dan BTS merupakan yang paling banyak diingat. Pada produk banking and finance ini hanya muncul 6 merek dan idola, sementara beberapa responden lupa nama merek atau nama idolanya," jelas KIC dalam laporannya.

Kendati demikian, strategi pencitraan lewat idol K-Pop ini tampaknya bukan kunci utama dalam penjualan produk keuangan.

Pasalnya, survei KIC menemukan bahwa mayoritas penggemar artis Korea Selatan di Indonesia lebih mempertimbangkan harga, diskon, serta ulasan konsumen dalam menggunakan produk. Sedangkan penggemar yang membeli produk karena diiklankan oleh idolanya hanya sedikit.

Survei ini dilakukan KIC terhadap 1.609 orang penyuka hiburan Korea Selatan di seluruh wilayah Indonesia. Responden didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya dapat diunduh di tautan ini.

(Baca: Promosi Produk Lewat Idol K-Pop, Efektif atau Tidak?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua