Ini Provinsi dengan Budaya Digital Terbaik Nasional

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 11/08/2022 16:50 WIB
Indeks Literasi Digital di 34 Provinsi Indonesia Pilar Digital Culture (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), Kalimantan Tengah menjadi provinsi dengan budaya digital terbaik secara nasional pada 2021.

Hasil survei mencatat bahwa skor indeks literasi digital untuk pilar digital culture atau budaya digital di Kalimantan Tengah sebesar 4,16 dari skala 1-5. Semakin tinggi skornya diasumsikan budaya digital di provinsi tersebut semakin baik.

Pilar budaya digital dalam survei ini mengukur kebiasaan pengguna internet seperti, membuat unggahan dengan mempertimbangkan perasaan pembaca dari suku/agama/pandangan politik berbeda, menikmati dan berbagi konten seni budaya Indonesia di ruang digital, mencantumkan nama penulis/pengunggah asli saat melakukan reposting, dan sebagainya.

Secara umum, skor pilar digital dulture di 34 provinsi cukup berimbang. Sebanyak 18 provinsi memiliki skor di atas rata-rata nasional yang sebesar 3,9, sementara 17 sisanya berada di bawah rata-rata nasional.

Sementara itu provinsi dengan skor digital culture paling rendah adalah Maluku Utara, yakni 3,2. Di atasnya ada Nusa Tenggara Barat dan Papua Barat dengan skor masing-masing 3,7 dan 3,75.

(Baca Juga: Ini Provinsi dengan Literasi Digital Terbaik Nasional pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.