Ini Provinsi dengan Kecakapan Digital Tertinggi 2021

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 04/08/2022 16:00 WIB
Indeks Literasi Digital di 34 Provinsi Indonesia Pilar Digital Skills (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC) mengungkap terkait literasi digital di 34 provinsi.

Menurut laporan tersebut, indeks literasi digital diukur melalui empat pilar indikator besar, yaitu digital skills (kecakapan digital), digital ethics (etika digital), digital safety (keamanan digital), dan digital culture (budaya digital).

DI Yogyakarta meraih skor tertinggi untuk pilar digital skills (kecakapan digital). Tercatat, skor kecakapan digital dari provinsi tersebut mencapai 3,85.

Kecakapan digital yang dimaksud adalah kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak teknologi informasi-komunikasi (TIK), serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Ini artinya, DI Yogyakarta menjadi provinsi yang tercatat memiliki kemampuan lebih dalam mengetahui berbagai teknologi digital dibandingkan provinsi lainnya.

Dari 34 provinsi di Indonesia, sebanyak 18 provinsi memiliki skor digital skills tertinggi dari rata-rata nasional yang sebesar 3,44.

Semetara itu, ada 2 provinsi yang memiliki skor digital skills sama dengan rata-rata nasional, sedangkan 14 sisanya berada di bawah rata-rata nasional. Adapun, posisi terendah ditempati Maluku Utara dengan skor 2,93.

(Baca Juga: Ini Provinsi dengan Literasi Digital Terbaik Nasional pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.