Survei KIC: 48% Responden Beli Produk yang Direkomendasikan Artis K-pop

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 26/07/2022 16:00 WIB
Tanggapan Responden Terkait Pembelian Produk Berdasarkan Rekomendasi Artis K-pop (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Para artis K-pop dan aktor/aktris K-drama memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap para penggemarnya. Hal ini termasuk pada saat konsumen memilih produk yang akan dibeli.

Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi.id, 48% responden mengatakan bahwa mereka membeli produk yang direkomendasikan oleh artis K-pop atau aktor/aktris K-drama.

Sementara itu, sebanyak 52% responden mengatakan tidak membeli produk yang direkomendasikan oleh para artis idolanya asal Korea Selatan.

Seperti diketahui, belakangan marak artis K-pop atau aktor/aktris K-drama yang menjadi duta merek alias brand ambassador produk konsumen. Di antaranya seperti produk pakaian, makanan, minuman, hingga skincare.

Dengan adanya brand ambassador, perusahaan berharap dapat memikat para penggemar dari artis atau idola tersebut sehingga mau memercayai dan membeli produk perusahaan.

Meski demikian, survei ini juga menemukan bahwa mayoritas atau  71,3% responden mengatakan bahwa harga menjadi pertimbangan utama para konsumen dalam membeli sesuatu. Sementara, hanya 20,4% responden yang mengatakan bahwa adanya brand ambassador/ tokoh idola menjadi pertimbangan dalam membeli produk.

Adapun survei ini dilakukan pada 20-29 Juni 2022 secara online terhadap 1.609 responden warga Indonesia penyuka hiburan Korea. Mayoritas responden berasal dari kelompok Gen Z dan Milenial. Responden tersebar di seluruh Indonesia, dengan populasi terbanyak berada di Pulau Jawa. Laporan lengkap survei ini dapat diunduh di https://zigi.id/surveipenggemarkorea

(Baca: Ini Produk Skincare dan Kosmetik Paling Terkenal di Kalangan K-Popers)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.