Indonesia dan Vietnam Sepakat Targetkan Perdagangan US$15 Miliar pada 2028

Energi
Penulis
Viva Budy Kusnandar 22/07/2022 10:20 WIB
Nilai Perdagangan Indonesia-Vietnam (2017-2028*)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Vietnam sepakat targetkan perdagangan senilai US$15 miliar pada 2028. Langkah tersebut diambil setelah perdagangan Indonesia dengan Vietnam berhasil melampau target US$10 miliar pada tahun lalu.

Rencana tersebut dibahas ketika Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Vietnam Y.M Bui Thanh Son yang berlangsung di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Kedua negara juga sepakat melanjutkan kemitraan Indonesia-Vietnam Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) dengan mempercepat finalisasi Plant of Action periode 2024-2028 sebagai pedoman dalam kerja sama bilateral ke depan.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia-Vietnam tumbuh 37,07% menjadi US$11,06 miliar pada 2021 dibanding tahun sebelumnya.

Rinciannya, ekspor Indonesia ke Vietnam mencapai US$6,85 miliar pada tahun lalu. Sedangkan impor Indonesia dari Vietnam sebesar US$4,21 miliar. Alhasil, neraca perdagangan Indonesia surplus US$2,64 miliar.  

Total perdagangan Indonesia-Vietnam menunjukkan tren naik. Demikian pula neraca perdagangan Indonesia dengan mitranya tersebut juga meningkat dalam 5 tahun terakhir seperti terlihat pada grafik.

Selain perdagangan, kedua negara juga membahas tentang kerja sama di bidang investasi, pertahanan dan keamanan.

(Baca: Indonesia Mitra Dagang AS Terbesar ke-5 di ASEAN)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.