Ini Aplikasi Pinjol yang Raih Top Brand Award 2022

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 21/07/2022 11:10 WIB
5 Aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) Terpopuler di Indonesia (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kredivo menjadi aplikasi pinjaman online (pinjol) yang berhasil meraih Top Brand Award 2022. Fintech pembiayaan tersebut tercatat memperoleh skor Top Brand Index (TBI) tertinggi di antara aplikasi pinjol lainnya, yakni 38,2%.

Akulaku menduduki posisi kedua Top Brad Award tahun ini dengan memperoleh skor TBI sebesar 35,8%. Kemudian diikuti Kredit Pintar di posisi ketiga dengan skor TBI sebesar 15,3%.

Sementara, aplikasi pinjol Modalku ada di posisi keempat dengan skor TBI 5,1%. Setelahya ada Uang Teman yang memperoleh skor TBI 1,9%.

Pinjaman online memang menjadi solusi untuk masyarakat saat membutuhkan dana cepat. Akan tetapi, memilih pinjol juga harus selektif agar terhindar dari penipuan.

Adapun penilaian Top Brand Award 2022 ini berdasarkan survei terhadap 8.500 responden yang tersebar di 15 kota besar Indonesia. Responden terdiri dari 6.000 sampel acak, 1.700 sampel booster, dan 800 sampel booster B2B.

Metode sampling dalam survei ini untuk sampel random dan random retail adalah multistage area random sampling. Sedangkan, sampel booster dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.

Ada 3 parameter yang digunakan dalam penilaian ini. PertamaTop of Mind atau merek produk pertama yang disebut responden. Kedua, Last Usage atau merek produk terakhir yang digunakan respondenKetiga, Future Intention atau keinginan responden untuk menggunakan produk merek tersebut di masa depan.

Skor Top Brand Index selanjutnya diperoleh dengan cara menghitung rata-rata terbobot masing-masing parameter tersebut.

(Baca Juga: Pendanaan Fintech P2P Lending Tembus Rp40 Triliun pada Mei 2022)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.