Survei: Mayoritas Warga Inggris Setuju Boris Johnson Mundur dari Jabatan PM

Politik
1
Cindy Mutia Annur 11/07/2022 09:20 WIB
Pandangan Warga Inggris Terkait Pengunduran Diri Boris Johnson dari Jabatan Perdana Menteri (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Boris Johnson resmi mengundurkan dari jabatan perdana menteri Inggris pada Kamis (7/7/2022). Hal ini terjadi dua hari setelah lebih dari 50 eksekutif pemerintahannya mundur.

Sebelum pengunduran diri ini, tercatat ada sejumlah kontroversi yang mewarnai karir politik Boris Johnson, mulai dari skandal perselingkuhan sampai mengangkat pejabat yang diduga terlibat pelanggaran seksual.

Boris Johnson juga pernah melanggar aturan karantina Covid-19 di negaranya. Ia memiih tetap bekerja seperti biasa meskipun sebelumnya ia melakukan kontak erat dengan mantan Menteri Kesehatan Sajid Javid yang sudah dinyatakan positif Covid-19.

Keputusan Boris Johnson untuk mengundurkan diri itu tampaknya disambut positif oleh warga Inggris. Menurut hasil survei YouGov, mayoritas atau 69% responden dari kalangan warga Inggris setuju Boris Johnson mundur dari posisi perdana menteri karena skandal-skandalnya tersebut.

Sementara itu hanya 18% responden yang tidak setuju, dan 13% responden mengatakan tidak tahu. Survei YouGov ini dilakukan pada 5 Juli 2022 terhadap 3.009 warga Inggris berusia 18 tahun ke atas.

(Baca: Boris Johnson Masuk Daftar PM Inggris dengan Jabatan Tersingkat dalam 50 Tahun Terakhir)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua