SurveI: Prabowo Raih Elektabilitas Tertinggi di Sumatera Selatan

Politik
1
Cindy Mutia Annur 07/07/2022 10:40 WIB
Elektabilitas 10 Tokoh Sebagai Calon Presiden* (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meraih elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden di Sumatera Selatan, menurut hasil survei Charta Politika. Survei ini merupakan jawaban dari responden jika pemilihan presiden (Pilpres) diadakan sekarang atau saat survei dilakukan.

Tercatat, elektabilitas Prabowo sebesar 41,9% dalam survei tersebut. Elektabilitasnya jauh mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memperoleh elektabilitas 19,4%.

Berikutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh elektabilitas 16,1%. Lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapatkan elektabilitas sebesar 7,5%.

Kemudian, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memiliki elektabilitas sebesar 3,5%, diikuti oleh Ridwan Kamil 2,4%, Puan Maharani 1,6%, Erick Thohir 1,4%, Khofifah Indar Parawansa 0,4%, dan Airlangga Hartarto 0,1%. Sementara itu, ada 5,8% responden yang tidak menjawab.

Survei Charta Politika tersebut dilakukan pada 2-7 Juni 2022 terhadap 800 responden di Sumatera Selatan, Lampung, dan Sumatera Utara dengan margin of error 3,46% per-provinsi. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur disertai protokol kesehatan yang ketat. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Teratas, Kalahkan Ganjar & Anies)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.