Charta Politika: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi di Sumatera Utara

Politik
1
Cindy Mutia Annur 07/07/2022 09:50 WIB
Elektabilitas Pilkada Sumatera Utara* (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Charta Politika menunjukkan bahwa Wali Kota Medan, Bobby Nasution memiliki elektabilitas tertinggi jika maju menjadi calon gubernur Sumatera Utara.

Survei ini merupakan jawaban dari responden jika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara (Sumut) dilakukan di hari ini atau saat survei dilakukan.

Tercatat, elektabilitas Bobby Nasution mencapai 29%. Angka ini lebih unggul daripada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang sebesar 28,2%.

Kemudian, Wagub Sumut Musa Rajekshah memiliki elektabilitas sebesar 18,3%. Lalu, anggota DPR RI fraksi PDIP Sihar Sitorus sebesar 2%, diikuti Gus Irawan Pasaribu 1,1%, Prananda Surya Paloh 0,5%, dan Martin Manurung 0,4%.

Sementara itu, ada 0,1% responden yang menjawab tokoh lainnya dan 20,4% responden yang tidak menjawab.

Adapun Bobby Nasution merupakan menantu dari Presiden Joko Widodo. Bobby ikut dan memenangi suara di Pilkada Medan pada 2020 bersama Aulia Rachman. Sementara, Edy Rahmayadi merupakan gubernur Sumut yang menjabat sejak 2018 lalu bersama Musa Rajekshah.

Survei Charta Politika tersebut dilakukan terhadap 800 responden di Sumatera Utara pada 2-7 Juni 2022. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur disertai protokol kesehatan yang ketat. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(Baca: Survei: Khofifah Raih Elektabilitas Tertinggi dalam Simulasi Pilgub Jawa Timur)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.