Litbang Kompas: Mayoritas Publik Nilai Polri Telah Jalankan Tugas dengan Baik

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 05/07/2022 14:10 WIB
Penilaian Responden Terhadap Polri dalam Menjalankan Tugas
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan, mayoritas masyarakat menilai Polri telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Tercatat, sebanyak 67,1% responden mengatakan Polri di tingkat Polsek, Polres, dan Polda sudah menjalankan tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara baik dan 17,6% lainnya mengatakan sangat baik.

Meski demikian, 11,8% responden mengatakan bahwa Polri masih buruk dalam menjalankan tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sebanyak 0,9% lainnya menilai sangat buruk, serta 2,6% lainnya tidak tahu.

Dalam hal menegakkan hukum, terdapat 11,3% mengaku kinerja Polri sudah sangat baik dan 58,2% lainnya mengatakan baik. Namun, masih ada 21,5% responden yang mengatakan kinerja Polri terkait hal ini masih buruk, yakni 1,8% menyatakan sangat buruk, dan 7,2% tidak tahu.

Berikutnya terkait aspek memberikan perlindungan dan pengayom masyarakat, mayoritas responden juga menilai kinerja Polri sudah baik. Rinciannya, ada 13,6% responden mengatakan sangat baik dan 65,1% baik, lalu 16,8% mengatakan buruk, 2,3% sangat buruk, dan 2,2% lainnya tidak tahu.

Pada aspek memberikan pelayanan kepada masyarakat, tercatat 71,5% mengatakan Polri sudah menjalankan tugas secara baik dan 12,3% lainnya menyatakan sangat baik. Meski demikian, ada sebagian responden yang menilai bahwa Polri masih buruk menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat, yakni 12,1% buruk, 0,5% sangat buruk. Sedangkan, ada 3,6% mengatakan tidak tahu.

Survei dilakukan pada 25-28 Juni 2022 melalui telepon terhadap 504 responden di 34 provinsi dengan sampel yang ditentukan secara acak. Metode survei memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error kurang lebih 4,37%.

(Baca: Survei: Kepolisian dan Pendaftaran PNS Dinilai Rawan Korupsi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua