IKLAN

Lampaui WHO, Positivity Rate Covid-19 di Jakarta Naik Jadi 12,9%

Positivity Rate Covid-19 di DKI Jakarta (25 Mei-25 Juni 2022)

Sumber : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 27 Juni 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Annissa Mutia

27/6/2022, 10.10 WIB

Kasus Covid-19 kembali meningkat di DKI Jakarta. Alhasil, tingkat kepositifan alias positivity rate Covid-19 di Ibu Kota terpantau meningkat pula.

Berdasarkan laporan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, positivity rate Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 12,9% per 25 Juni 2022. Angka ini meningkat hampir 7 kali lipat dibandingkan sebulan sebelumnya.

Rata-rata positivity rate Covid-19 DKI Jakarta bahkan berada di angka 11,7% dalam sepekan terakhir. Berbeda dengan sepekan sebelumnya, rata-rata positivity rate Covid-19 di provinsi ini sebesar 7,5%.

Ini artinya, angka positivity rate Ibu Kota berada di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Perlu diketahui, standar positivity rate dari WHO yakni sebesar 5%.

Naiknya positivity rate Covid-19 di DKI Jakarta patut diwaspadai. Pasalnya, varian Omicron BA.4 dan BA.5 tengah mewabah dengan penularan yang lebih masif daripada varian Delta dan Omicron biasa.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, saat ini DKI Jakarta sudah harus melakukan pengetatan sebelum kasus Covid-19 kembali melonjak tajam. Meski demikian, pengetatan tersebut berbeda dari gelombang varian Delta yang melanda pada tahun lalu.

Pengetatan yang dimaksud adalah melakukan tes pelacakan dan penerapan protokol kesehatan secara konsisten. "Sudah waktunya kita melakukan pengetatan ketat. Tidak seperti lockdown. Pengetatan ini dimulai dari 3T (testing, tracing, treatment). Tidak mesti masif, tapi terwakili dan terjaga kualitas dan kuantitasnya," ujar Dicky dikutip dari Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

(Baca: Waspada, Positivity Rate Covid-19 di Jakarta Mulai Naik)

IKLAN

data terkait