10 Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik Dunia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 16/06/2022 13:40 WIB
10 Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik Dunia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Jurusan arsitektur mempelajari berbagai hal terkait perancangan bangunan, baik dari segi teknik, desain dan konsep, manajemen proyek, sampai pelestarian bangunan dan lingkungan.

Menurut QS World University Rankings (QS WUR), kampus dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat.

QS WUR melakukan penilaian berdasarkan reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, dan dampak penelitian. Perolehan skor berkisar antara 1-100, di mana semakin tinggi skornya maka kampus tersebut diasumsikan semakin baik.

Dari penilaian tersebut MIT memperoleh skor tertinggi di skala global, yakni 97,2. Kemudian Delft University of Technology di Belanda menduduki posisi kedua dengan perolehan skor 95,1.

Di posisi berikutnya ada University College London (UCL) yang berada di Inggris dengan skor 94,5, ETH Zurich-Swiss Federal Institute of Technology dengan skor 94,4, dan Harvard University dengan skor 89,2.

Dalam daftar 10 universitas dengan jurusan arsitektur terbaik dunia, hanya ada satu kampus yang berasal dari Asia Tenggara, yakni National University of Singapore (NUS). Universitas di Singapura ini memperoleh skor 89.

Di bawah NUS ada Manchester School of Architecture asal Inggris dengan skor 88,6. Diikuti University of California, Berkeley (UCB) Amerika Serikat dengan skor 88,2.

Universitas lainnya dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia adalah Tsinghua University asal Tiongkok yang memperoleh skor 87,4, serta Politecnico di Milano asal Italia dengan skor 86,8.

(Baca Juga: Daftar Kampus untuk Belajar Manajemen Perhotelan Terbaik di Dunia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua