IKLAN

10 Negara dengan Pengungsi Internal Terbanyak, Indonesia Masuk Daftar

10 Negara dengan Jumlah Pengungsi Internal Terbanyak (2021)

Sumber : Internal Displacement Monitoring Centre (IDMC), Mei 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Adi Ahdiat

25/5/2022, 11.50 WIB

Menurut laporan Internal Displacement Monitoring Center (IDMC), pada 2021 ada sekitar 59,1 juta orang yang tercatat sebagai pengungsi internal di seluruh dunia.

Pengungsi internal adalah orang-orang yang terpaksa mengungsi atau meninggalkan rumahnya, namun masih berada di negara asalnya. Pengungsian ini bisa terjadi karena konflik bersenjata, situasi kekerasan yang meluas, bencana alam, ataupun bencana lain akibat tindakan manusia.

Tiongkok merupakan negara dengan jumlah pengungsi internal terbanyak di dunia, yakni mencapai 6,04 juta orang pada 2021.

Filipina dan Ethiopia berada di urutan selanjutnya dengan jumlah pengungsi internal masing-masing 5,82 juta orang dan 5,38 juta orang.

Adapun Indonesia berada di urutan kesembilan dengan jumlah pengungsi internal 776 ribu orang. Menurut IDMC, hampir seluruh pengungsi internal di Indonesia muncul akibat bencana alam.

IDMC juga memperkirakan jumlah pengungsi internal global kini telah bertambah karena konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina yang meletus sejak penghujung Februari 2022.

(Baca Juga: 12 Ribu Warga Palestina di Tepi Barat Terusir dari Rumahnya akibat Serangan Israel)

IKLAN