Survei: Mayoritas Publik Setuju Status Pandemi Jadi Endemi, Ini Alasannya

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 17/05/2022 15:40 WIB
Alasan Responden Setuju Jika Status Pandemi Covid-19 Jadi Endemi (Mei 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis laporan survei penilaian masyarakat terkait status pandemi Covid-19. Hasilnya, mayoritas atau 69% responden setuju status pandemi diturunkan menjadi endemi.

Ada beberapa alasan terkait hal tersebut. Pertama, mayoritas publik atau 26,8% responden menganggap penyebaran Covid-19 sudah terkendali. Kemudian, 19,9% responden menilai bahwa sebagian besar masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak 2 kali dan 19,6% responden beralasam agar perekonomian kembali berputar.

Adapula 8,4% publik setuju pandemi diturunkan menjadi endemi karena Covid-19 dianggap seperti flu biasa. Sementara 7,6% responden beralasan sudah mendapat booster dan 5% responden tak mau warga ditakut-takuti lagi dengan Covid-19.

Adapun, sebanyak 9,5% responden setuju status pandemi diturunkan menjadi endemi karena alasan lainnya. Sementara, 3,1% responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei ini dilakukan pada 5-20 Mei 2022 dengan melibatkan 1.228 responden. Kriteria responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, serta memiliki telepon/telepon seluler.

Sampel diambil dengan metode random digit dialing (RDD) atau proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Sementara margin of error survei ini 2,9% dengan tingkat kepercayaan 92%.

(Baca Juga: Sempat Terpukul Pandemi, Tenaga Kerja di 3 Sektor Ini Menguat Lagi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua