WHO: Kasus Hepatitis Akut pada Anak Bertambah Jadi 228 Kasus

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 05/05/2022 16:10 WIB
Kasus Hepatitis Akut yang Belum Diketahui Etiologinya (23 April-1 Mei 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada 23 April 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait kasus hepatitis akut yang menjangkiti 169 anak di 12 negara.

Kemudian pada 1 Mei 2022, WHO mencatat kasus serupa sudah bertambah menjadi 228 kasus yang tersebar di 20 negara, dengan lebih dari 50 kasus tambahan yang masih dalam proses investigasi.

Kasus hepatitis ini dilaporkan menyerang anak-anak usia satu bulan hingga 16 tahun, serta dapat menimbulkan kematian dengan penyebab yang belum diketahui.

Dugaan kasus serupa juga telah ditemukan di Indonesia. Pada 1 Mei 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan ada 3 pasien anak di wilayah Jakarta yang meninggal dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

"Kementerian Kesehatan RI sedang berupaya untuk melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap. Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut," tulis Kemenkes dalam keterangan persnya, Minggu (1/5/2022).

(Baca Juga: Hepatitis 'Misterius' Masuk RI, Ini Provinsi dengan Prevalensi Hepatitis Tertinggi di Indonesia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.