Survei KIC: Mayoritas Publik Tertarik Gunakan Energi Terbarukan yang Berasal dari Matahari

Energi
1
Monavia Ayu Rizaty 24/04/2022 13:00 WIB
Sumber Energi Terbarukan yang Paling Menarik untuk Digunakan (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei persepsi masyarakat terhadap energi terbarukan yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, mayoritas responden (50%) tertarik menggunakan sumber energi terbarukan yang berasal dari matahari.

Ada pula 46,1% responden mengatakan tertarik ingin ingin menggunakan sumber energi terbarukan dari air. Diikuti sumber energi yang berasal dari apapun selama aman bagi lingkungan dan kesehatan (44,2%) dan selama sumbernya dalam harga yang wajar (42,2%).

Survei ini juga menemukan bahwa 50,3% responden menyatakan bersedia membayar lebih mahal untuk menggunakan energi terbarukan.

Dari jumlah responden yang bersedia membayar lebih mahal, 55,9% di antaranya beralasan ingin berkontribusi agar sumber energi terbarukan terus dikembangkan, 50,3% beralasan karena energi terbarukan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Survei dilakukan pada 26 Februari - 6 Maret 2022 dan melibatkan 4.821 responden berusia di atas 18 tahun di seluruh wilayah Indonesia. Metode survei yang digunakan adalah survei daring dengan non-probability sampling.

(Baca Selengkapnya: Kargo Laut Internasional Sumbang 2% Emisi Karbon Global pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.