Survei: 80% Masyarakat Berencana Mudik Lebaran Tahun Ini

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 20/04/2022 13:50 WIB
Rencana Mudik Lebaran (2021-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Situasi Covid-19 yang kian membaik membuat pemerintah memperbolehkan mudik lebaran pada tahun ini. Dua tahun sebelumnya, pemerintah melarang mudik akibat pandemi yang belum mereda.

Survei preferensi mudik Lebaran 2022 yang dilakukan Pegipegi menunjukkan, sebanyak 80% responden berencana untuk mudik tahun ini.

Angkanya melonjak dibandingkan pada tahun 2021 di mana dari seluruh responden hanya ada sebanyak 25% orang yang mudik pada tahun lalu.

Hasil survei mencatat, terdapat 10 kota tujuan mudik favorit tahun ini, di antaranya Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Purwokerto, Palembang, Medan, dan Malang.

Berdasarkan moda transportasi yang digunakan, sebanyak 35% responden memilih menggunakan pesawat saat mudik, disusul oleh 35% responden lainnya yang menggunakan mobil pribadi.

Selain itu, kereta api, bus dan travel juga menjadi alternatif transportasi mudik favorit yang dipilih oleh masyarakat.

Kebanyakan dari mereka yang berencana mudik memilih untuk berangkat pada H-3 lebaran dengan persentase 41% responden. Sedangkan, 19% responden memilih mudik pada H-7 lebaran.

Pegipegi juga mengungkap aktivitas favorit yang akan dilakukan ketika mudik Lebaran. Aktivitas masyarakat ketika mudik didominasi oleh rencana untuk kuliner bersama keluarga (52%), menjelajah wisata destinasi terdekat (27%), dan staycation dalam kota (11%).

Pegipegi mengadakan survei untuk mengetahui preferensi mudik lebaran 2022 masyarakat Indonesia pada 18-30 maret 2022. Survei ini diikuti oleh lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan metode online survei.

(Baca Juga: Ini Prediksi Jumlah Kendaraan yang Keluar di Musim Mudik Lebaran 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua