Inflasi Pakaian dan Alas Kaki Naik 2,04% pada Maret 2022

Produk Konsumen
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 19/04/2022 16:10 WIB
Tingkat Inflasi Tahunan Kategori Pakaian dan Alas Kaki (November 2021-Maret 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menjelang bulan Ramadan, yakni pada Maret 2022, harga pakaian dan alas kaki di Indonesia mengalami peningkatan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks harga konsumen (IHK) kategori pakaian dan alas kaki berada di level 107,72 pada Maret 2022, menandai adanya kenaikan atau inflasi tahunan sebesar 2,04% (year on year/yoy).

Menurut BPS, seluruh subkelompok dalam kategori ini mengalami inflasi, yaitu subkelompok pakaian sebesar 0,16% (month-to-month/m-to-m) dan subkelompok alas kaki 0,18% (m-to-m). Adapun kelompok ini berkontribusi sebesar 0,01% terhadap inflasi Maret 2022.

Harga barang-barang konsumen di Indonesia umumnya memang meningkat menjelang bulan Ramadan, seiring dengan pola belanja masyarakat yang cenderung memuncak. BPS mencatat inflasi tahunan harga konsumen pada Maret 2022 sebesar 2,64%.

(Baca: Survei: Anggaran Belanja Fesyen Pria Lebih Mahal ketimbang Perempuan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.