Peredaran Cokelat Kinder Disetop, Pencarian Kata “Salmonella” Meningkat

Food Beverage Tobacco
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 12/04/2022 13:50 WIB
Tren Pencarian Google Kata (Per 12 April 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tren pencarian kata “Salmonella” di Google menunjukkan tren yang meningkat dalam beberapa hari terakhir. Itu seiring peredaran produk cokelat bermerek Kinder yang disetop karena adanya dugaan kandungan bakteri salmonella di dalamnya.

Di Indonesia, indeks pencarian di Google Trends untuk “Salmonella” memuncak pada tanggal 6 April. Lebih jauh, ketertarikan untuk bakteri ini memuncak pada pukul 19.00 WIB hari Senin (11/4/2022), menyusul pengumuman Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM berencana menghentikan produk cokelat bermerek Kinder sementara untuk memeriksa apakah produk cokelat anak-anak tersebut tercemar bakteri salmonella, yang bisa menyebabkan demam tifoid atau keracunan makanan.

Cokelat Kinder sendiri terdiri dari beberapa jenis, termasuk Kinder Surprise dan Kinder Joy. Pada awal bulan April 2022, Badan Standar Makanan (FSA) Inggris menarik beberapa produk Kinder Surprise karena dugaan hubungan dengan wabah salmonella yang terjadi di antara anak-anak.

Di Indonesia, tiga pencarian terkait yang mencatat kenaikan pesat adalah “bakteri salmonella kinder joy”, “bakteri salmonella pada kinder joy” dan “wabah salmonella kinder joy”.

(Baca: 10 Perusahaan Cokelat Terbesar di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua