Penghasilan Masyarakat Mayoritas Habis untuk Konsumsi, Hanya Sedikit yang Ditabung

Ekonomi & Makro
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 06/04/2022 16:50 WIB
Proporsi Pengeluaran Konsumen Indonesia (Februari 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Bank Indonesia (BI) melaporkan 74% pengeluaran konsumen pada Februari 2022 digunakan untuk konsumsi, sehingga menyisakan ruang sempit untuk membayar cicilan pinjaman dan menabung.

Proporsi pengeluaran untuk cicilan pinjaman tercatat hanya 10,3% selama periode tersebut, sedangkan untuk tabungan 15,7%.

Pada Februari 2022, proporsi pengeluaran konsumsi terbesar ditemukan di kelompok konsumen dengan pengeluaran antara Rp1 juta sampai Rp2 juta, yakni mencapai 76,4%.

Sedangkan konsumen dengan pengeluaran di atas Rp5 juta mencatat proporsi konsumsi terkecil, yaitu 67,3%.

Konsumen dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta menyisihkan 17% dari pengeluarannya untuk menabung pada Februari 2022.

Sementara itu, konsumen dengan pengeluaran antara Rp1 juta sampai Rp2 juta hanya menyisihkan 15,7%.

Proporsi pengeluaran konsumsi pada Februari 2022 tercatat lebih tinggi dari masa prapandemi, yang rata-rata mencapai 68,5% sepanjang tahun 2019.

Proporsi pengeluaran untuk tabungan di masa sebelum pandemi juga lebih besar, yakni mencapai kisaran 19%.

(Baca: Inflasi Inti Tahunan 2,37% pada Maret 2022, Tertinggi dalam 6 Bulan Terakhir)

 

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.