IKLAN

Survei SMRC: Kinerja Jokowi di Bidang Kesehatan Dinilai Membaik

Kinerja Jokowi dalam Menanggulangi Ragam Masalah (Maret 2022)

Sumber : Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), 30 Maret 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Annissa Mutia

31/3/2022, 18.30 WIB

Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa sejumlah kinerja Presiden Joko Widodo membaik saat ini dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan survei tersebut, kinerja Jokowi yang paling membaik terkait penyediaan layanan kesehatan yang terjangkau.

Tercatat, sebanyak 56% responden menilai bahwa kinerja Jokowi terkait penanggulangan masalah penyediaan layanan kesehatan yang terjangkau semakin membaik saat ini dibandingkan tahun lalu.

Sebanyak 27% responden menilai bahwa kinerja Jokowi terkait penanggulangan masalah tersebut sama saja dibandingkan tahun lalu. Hanya 10% responden yang menilai bahwa terkait penanggulangan masalah penyediaan layanan kesehatan yang terjangkau semakin memburuk.

Sejumlah permasalahan yang telah ditanggulangi Jokowi secara lebih membaik, di antaranya terkait pendidikan yang sesuai dengan perkembangan teknologi digital, pendidikan yang terjangkau, dan penjaminan nutrisi bagi ibu hamil dan balita.

Namun, ada pula mayoritas responden yang menilai bahwa kinerja Jokowi justru memburuk, yakni pada permasalahan harga kebutuhan pokok. Tercatat, sebanyak 40% responden mengatakan bahwa kinerja Jokowi justru semakin buruk terkait hal ini.

Survei ini dilakukan pada 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas di seluruh Indonesia pada 13-20 Maret 2022. Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dan menggunakan metode multistage random sampling. Tercatat, margin of error survei ini sebesar ±3,12% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: SMRC: 32,5% Warga Nilai Kondisi Politik Era Jokowi-Maruf Amin Baik)

IKLAN
TOPIK

Politik

data terkait