IKLAN

Jawa Barat Sentra Produksi Ikan Hias Terbesar di Indonesia

10 Provinsi dengan Produksi Ikan Hias Terbesar (2020)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 25 Februari 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Adi Ahdiat

8/3/2022, 16.20 WIB

Jawa Barat merupakan provinsi dengan produksi ikan hias terbesar di Indonesia pada 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi ikan hias di Jawa Barat mencapai 683 juta ekor pada tahun tersebut.

Sementara Jawa Timur berada di posisi kedua dengan produksi ikan hias sebesar 625,2 juta ekor. Menyusul Jawa Tengah di posisi ketiga dengan produksi 113,5 juta ekor.

Kemudian produksi ikan hias di DI Yogyakarta tercatat sebesar 18,5 juta ekor, diikuti DKI Jakarta dengan produksi 15,2 juta ekor.

Jika dilihat secara keseluruhan, sentra produksi ikan hias terbesar nasional berada di provinsi-provinsi Pulau Jawa.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menilai perdagangan ikan hias di Indonesia berpotensi untuk terus dikembangkan.

"Mengoleksi ikan hias sudah lama menjadi hobi yang populer di Indonesia. Kondisi ini dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), dikutip situs resmi KKP, Selasa (8/3/2022).

Di masa pandemi, hobi memelihara ikan hias memang banyak diminati lantaran mampu menghilangkan jenuh dan mengurangi stres akibat mobilitas yang terbatas.

(Baca Juga: Daftar 10 Ikan Hias Akuarium Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp 5,7 Miliar)

IKLAN