Ini 6 Kapal Selam Terbesar di Dunia, Juaranya Buatan Rusia!

Transportasi & Logistik
1
Monavia Ayu Rizaty 08/03/2022 10:40 WIB
6 Kapal Selam Terbesar di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Salah satu alutsista yang memiliki nilai strategis tinggi adalah kapal selam. Saat ini, kekuatan kapal selam masih tetap diperhitungkan karena kemajuan teknologi. Kapal selam dapat bertahan di dalam air selama berbulan-bulan sehingga dapat memotong jalur logistik lawan.

Sebagian besar angkatan laut di berbagai negara memiliki dan mengoperasikan kapal selam dengan kapasitas yang berbeda-beda di tiap negara. Negara yang populer menggunakan kapal selam sebagai kekuatan utama Angkatan Laut adalah Rusia, Amerika Serikat, dan Jerman.

Di beberapa negara, kapal selam ada yang dibuat dengan ukuran sangat besar agar bisa bertahan lama di bawah laut hingga waktu tiga bulan atau lebih. Inilah deretan enam kapal selam terbesar di dunia menurut situs discoveryuk.com.

  1. Typhoon Class (Russian Navy) – 175 meter
  2. Ohio Class (US Navy) – 170 meter
  3. Borei Class (Yury Dolgorukiy) – 170 meter
  4. Oscar II Class (Russian Navy) – 155 meter
  5. Vanguard Class (Royal Navy) – 149,9 meter
  6. Triomphant Class (French Navy) – 138 meter

Typhoon Class yang merupakan kapal selam milik Rusia dinobatkan menjadi kapal selam terbesar di dunia dengan ukuran mencapai 175 meter. Bobot Typhoon Class lebih dari 48.000 ton dan dapat menampung 160 orang dalam sekali perjalanan. Tercatat, Typhoon Class mampu melakukan perjalanan selama lebih dari 120 hari dan menyelam sampai kedalaman sekitar 400 meter.

Untuk persenjataan, kapal selam ini umumnya membawa 20 rudal balistik antarbenua berjenis RSM-52. Masing-masing kapal selam sudah mampu menampung 100kt hulu ledak nuklir. Typhoon Class juga dilengkapi dengan enam tabung torpedo 522 mm dan torpedo tipe 53.

(Baca Selegkapnya: Deretan Pesawat yang Jadi Kekuatan Matra Udara TNI pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua