Brand Finance Apparel kembali menobatkan Nike sebagai produk fesyen dengan nilai merek terbesar di dunia. Produk asal Amerika Serikat itu menghasilkan US$ 30,44 miliar atau Rp 438,67 triliun pada 2021 (kurs US$ = Rp 14.411).
Meski demikian, angka tersebut tercatat turun 12,5% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada 2020, nilai merek Nike mencapai US$ 34,79 miliar.
Tercatat, nilai merek Nike mencapai dua kali lipat dari GUCCI. Brand fesyen asal Italia ini menempati peringkat kedua dengan nilai merek sebesar US$ 15,59 miliar.
Louis Vuitton berada di urutan ketiga. Brand fesyen asal Prancis ini memiliki nilai merek sebesar US$ 14,85 miliar.
Adidas dan Chanel menduduki peringkat keempat dan kelima. Nilai merek Adidas mencapai US$ 14,34 miliar dan Chanel sebesar US$ 13,24 miliar.
ZARA, UNIQLO, dan H&M masing-masing memiliki nilai merek sebesar US$ 13,15 miliar, US$ 13,07 miliar, dan US$ 12,36 miliar. Sementara itu, Cartier dan Hermès masing-masing memiliki nilai merek sebesar US$ 12,08 miliar dan US$ 11,65 miliar.
(Baca: Dibanderol hingga Jutaan Rupiah, Inilah Brand Hijab Termahal di Dunia)