5 Negara Produsen Titanium Terbesar di Dunia

Materials
1
Monavia Ayu Rizaty 22/02/2022 15:40 WIB
5 Negara Produsen Titanium Ilmenite Terbesar di Dunia (2021)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Titanium merupakan salah satu jenis logam yang banyak dijadikan perhiasan. Logam jenis ini juga kerap digunakan sebagai bahan peralatan medis karena sifatnya yang anti-korosi dan tahan terhadap bahan kimia klorin.

Titanium dapat pula dicampur dengan besi, aluminium, dan vanadium untuk beberapa kebutuhan industri seperti industri dirgantara (mesin jet dan rudal), militer, otomotif, pertanian, implan gigi, peralatan olahraga, dan sebagainya.

Menurut badan survei geologis Amerika Serikat (AS) atau US Geological Survey, total produksi titanium ilmenite di seluruh dunia mencapai 8,4 juta metrik ton pada 2021. Angka tersebut naik 5% dibandingkan produksi tahun sebelumnya yang berjumlah 8 juta metrik ton.

Adapun negara penghasil titanium ilmenite terbesar di dunia pada 2021 adalah Tiongkok, dengan produksi mencapai 3 juta metrik ton.

Afrika Selatan berada di posisi kedua dengan produksi mencapai 1 juta metrik ton. Setelahnya ada Mozambik dengan produksi sebesar 970 ribu metrik ton. 

Kanada menempati posisi keempat dengan produksi sebesar 600 ribu metrik ton, diikuti Australia dengan produksi 480 ribu metrik ton.

(Baca Juga: Produksi Logam Tanah Jarang Tiongkok Terbesar di Dunia pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua