IKLAN

5 Bintang Terbesar di Alam Semesta, Ukurannya Seribu Kali Matahari

5 Bintang dengan Ukuran Diameter Terbesar di Alam Semesta

Sumber : Star Lust, Desember 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Adi Ahdiat

18/2/2022, 15.20 WIB

Jika dilihat dari Bumi dengan mata telanjang, bintang hanya tampak seperti titik cahaya yang bekerlap-kerlip menghiasi langit malam.

Namun, menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA), bintang sesungguhnya adalah bola gas bertekanan tinggi yang melayang di luar angkasa.

Bintang diperkirakan terbentuk dari campuran gas hidrogen (H2) sekitar 94%, helium (He) 5%, dan unsur lainnya 1%, serta memiliki temperatur sangat tinggi hingga ribuan atau bahkan puluhan ribu derajat Celcius.

Bintang juga memiliki ukuran yang luar biasa besar. Matahari, bintang yang terdekat dengan Bumi, diperkirakan memiliki diameter sekitar 130 juta kilometer (km). Kemudian luar sana ada pula bintang-bintang lain dengan ukuran ribuan kali lipat dari matahari.

Melansir dari starlust.org, inilah 5 bintang terbesar di alam semesta yang tercatat hingga saat ini:

  1. UY Scuti – diameter 2,38 miliar km
  2. KY Cygni – diameter 1,98 miliar km
  3. AH Scorpii – diameter 1,96 miliar km
  4. VV Cephei – diameter 1,85 miliar km
  5. V766 Centauri Aa – diameter 1,54 miliar km

UY Scuti sampai sekarang tercatat sebagai bintang terbesar di alam semesta, dengan diameter 1.700 lipat lebih besar dari matahari.

UY Scuti ditemukan oleh astronom Jerman di fasilitas observatori Bonn pada 1860. Bintang super besar ini berjarak 5.219 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di dekat pusat galaksi Bima Sakti.

Suhu permukaan UY Scuti diperkirakan mencapai 3.091 derajat Celcius. Suhu ini lebih rendah jika dibandingkan dengan suhu permukaan matahari yang mencapai 5.504 derajat Celcius.

(Baca Juga: Deretan Asteroid Terbesar di Tata Surya)

IKLAN