Tiongkok, Penghasil Garam Terbesar di Dunia

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 08/02/2022 11:30 WIB
10 Negara dengan Produksi GaramTerbesar di Dunia (2021)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Garam adalah jenis mineral yang memiliki rasa asin, berbentuk kristal, padat, dan berwarna putih. Selain untuk dikonsumsi manusia, garam juga merupakan komoditas penting sebagai bahan baku industri tertentu, seperti farmasi, perminyakan, dan aneka pangan.

Menurut data survei geologis Amerika Serikat (AS) atau US Geological Survey, total produksi garam di seluruh dunia sebanyak 290 juta metrik ton pada 2021. Jumlah ini meningkat 3,6% dari tahun sebelumnya yang sebesar 280 juta metrik ton.

Negara penghasil garam terbesar di dunia adalah Tiongkok dengan jumlah produksi sebanyak 64 juta metrik ton atau menyumbang 22,07% dari total produksi garam dunia. Amerika Serikat menyusul di urutan kedua dengan produksi sebesar 40 juta metrik ton.

Produksi garam di India dilaporkan sebanyak 29 juta metrik ton. Kemudian, produksi garam di Jerman dan Australia masing-masing sebesar 15 juta metrik ton dan 12 juta metrik ton.

Permintaan garam diprediksi akan meningkat pada 2022 terutama di kawasan Asia. Ekspor garam Australia dan India telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir untuk memenuhi permintaan yang besar dari Tiongkok.

(Baca Selengkapnya: Indonesia Masuk Daftar Negara dengan Produksi Minyak Mentah Terbesar di G20)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua