10 Universitas Pencetak Peraih Nobel Terbanyak

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 04/02/2022 11:20 WIB
Universitas dengan Alumni Peraih Nobel Terbanyak (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hadiah Nobel menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia dan merupakan suatu kebanggaan besar bagi perguruan tinggi serta alumninya. Beberapa universitas di dunia ternyata berhasil mencetak banyak alumni yang meraih penghargaan yang prestisius itu.

Melansir dari situs bestmastersprograms.org, lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat, Harvard University, menjadi universitas di dunia yang paling banyak memenangi penghargaan Nobel sebanyak 151 orang dari beragam profesi, seperti tokoh politik, penulis, dan ekonom.

Beberapa tokoh peraih Nobel dari Harvard University, antara lain Theodore Roosevelt, Ralph Bunche, Henry Kissinger, Al Gore dan Barack Obama yang dianugerahi Nobel Perdamaian. Kemudian, Martin Karplus yang dianugerahi Nobel di bidang Kimia, serta penulis J. M. Coetzee yang dianugerahi Nobel Sastra.

Columbia University adalah universitas peraih penghargaan Nobel terbanyak kedua di dunia dengan capaian 101 orang. University of Cambridge menempati urutan ketiga dengan 90 orang peraih Nobel.

Universitas lain yang juga mencetak banyak peraih Nobel adalah University of Chicago (89 orang), Massachusetts Institute of Technology (83 orang), University of California Berkeley (69 orang), University of Oxford dan Stanford University (58 orang), Yale University (52 orang), dan University of Paris (51 orang).

(Baca Selengkapnya: UGM Masuk Jajaran Universitas Terpopuler di Instagram)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua