Jumlah Pondok Pesantren di Kabupaten Jember Terbanyak Se-Jatim

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 31/01/2022 14:00 WIB
10 Kabupaten di Jawa Timur dengan Jumlah Pondok Pesantren Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Agama (Kemenag) mencatat, sebanyak 4.452 pondok pesantren tersebar di Jawa Timur. Jember merupakan Kabupaten di Jawa Timur dengan jumlah paling banyak, yakni 611 pondok pesantren.

Kabupaten Sampang menempati urutan kedua dengan 352 pondok pesantren. Setelahnya ada 262 pondok pesantren di Kabupaten Bojonegoro.

Berikutnya, jumlah pondok pesantren di Kabupaten Kediri dan Pamekasan masing-masing sebanyak 250 dan 218 pondok pesantren. Lalu, ada 189 pondok pesantren di Kabupaten Pasuruan.

Adapun, Kota Madiun memiliki pondok pesantren paling sedikit di Jawa Timur, yakni hanya 8 pondok pesantren. Di atasnya ada Kota Mojokerto dan Kota Probolinggo dengan jumlah masing-masing 11 dan 13 pondok pesantren.

Kemanag juga melaporkan, Jawa Timur memiliki jumlah santri bermukim paling banyak mencapai 323,3 ribu orang. Adapun jumlah pondok pesantren di Jawa Timur merupakan terbanyak ketiga setelah Jawa Barat dan Banten.

Jawa Timur juga terkenal sebagai provinsi dengan pesantren terbaik. Contohnya, pondok modern Darussalam Gontor Ponorogo, pondok pesantren Langitan Tuban, pondok pesantren Lirboyo Kediri, dan pondok pesantren Tebuireng Jombang.

(Baca: 14.922 Santri Belajar di Berbagai Pondok Pesantren Kabupaten Sidoarjo)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua