IKLAN

Tingkat Pemuda Menganggur Afrika Selatan Paling Tinggi di Negara G20

Tingkat Pengangguran Pemuda di Beberapa Negara G20 (2021)

Sumber : Tradingeconomics,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

21/1/2022, 11.50 WIB

Menurut data tradingeconomics.com, Afrika Selatan menjadi negara dengan pengangguran pemuda tertinggi di antara beberapa negara G20 lainnya. Tingkat pengangguran pemuda di Afrika Selatan mencapai 66,5% pada 2021 atau meningkat 2,1 poin dibanding tahun lalu.

Spanyol menjadi negara dengan tingkat pengangguran pemuda tertinggi kedua di antara negara G20 sebesar 29,2%. Kemudian, Italia memiliki tingkat pengangguran pemuda sebesar 28% dan India sebesar 24,4%.

Selanjutnya, tingkat pengangguran di Turki tercatat sebesar 22,3%. Prancis dan Uni Eropa masing-masing memiliki tingkat pengangguran pemuda sebesar 17,8% dan 15,5%. Adapun, pengangguran pemuda di Inggris sebesar 11,1%.

Sementara, tingkat pengangguran pemuda di Swiss merupakan yang terendah dibandingkan negara-negara G20 lain, yakni hanya 2%. Jepang berada di urutan berikutnya dengan tingkat pengangguran pemuda sebesar 4,2%.

Pandemi Covid-19 membuat angka pengangguran semakin meningkat, terutama di kalangan pemuda.  Setidaknya ada dua tantangan utama dalam ketenegakerjaan akibat pandemi. Pertama, banyak tenaga kerja yang beralih ke sektor usaha yang memiliki produktivitas rendah, seperti pertanian. Kedua, banyak tenaga kerja yang beralih ke sektor informal.

(Baca Selengkapnya: Rasio Utang Rumah Tangga terhadap PDB RI Terendah ke-5 di G20, Australia Tertinggi)

IKLAN

data terkait