BI: Kebutuhan Pembiayaan Korporasi Meningkat pada Desember 2021

Keuangan
1
Vika Azkiya Dihni 20/01/2022 13:32 WIB
Saldo Bersih Tertimbang (SBT) Permintaan Pembiayaan Korporasi
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Bank Indonesia (BI) dalam Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan melaporkan, kebutuhan pembiayaan korporasi meningkat pada Desember 2021. Hal ini tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 17,4% atau lebih tinggi dibandingkan November 2021 yang sebesar 14,8%.

Peningkatan tersebut terjadi pada beberapa sektor. SBT sektor pertanian tercatat meningkat menjadi 2,6% pada Desember 2021, SBT sektor reparasi mobil dan motor meningkat menjadi 2,7%, serta SBT sektor penyediaan makanan dan minuman meningkat menjadi 1%.

Peningkatan tersebut sebagian besar diperlukan untuk mendukung aktivitas operasional. Setidaknya sebanyak 81,7% responden membutuhkan untuk hal ini.

Kemudian, 28,8% responden memerlukan pembiayaan untuk membayar kewajiban jatuh tempo. Berikutnya, 25,% responden butuh untuk mendukung pemulihan domestik, 17,3% butuh untuk mendukung aktivitas investasi, serta 6,7% responden untuk kebutuhan lainnya.

Responden mengatakan, kebutuhan pembiayaan mayoritas masih dipenuhi oleh dana sendiri, atau sebanyak 55,8%. Kemudian 9,6% responden memenuhi dengan memanfaatkan fasilitas kelonggaran tarik, serta 8,7% responden menarik pinjaman atau utang dari perusahaan induk, 8,7% responden juga menambah pinjaman ke perbankan, serta 1,9% responden menjual aset tetap non-produktif.

Responden memilih sumber pemenuhan pembiayaan tersebut terutama dipengaruhi oleh aspek kemudahan dan kecepatan perolehan dana, biaya suku bunga yang lebih murah, serta optimalisasi fasilitas eksisting.

(Baca: BI: Pembiayaan Lewat Utang Rumah Tangga Masih Terbatas pada November 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.