IKLAN

Kontribusi Belanja Pemerintah 10 Provinsi Ini Tertinggi Terhadap PDRB pada Kuartal III 2021

10 Provinsi dengan Distribusi Belanja Pemerintah Terhadap PDRB Tertinggi (Kuartal III 2021)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS),

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Viva Budy Kusnandar

Editor: Annissa Mutia

29/12/2021, 16.50 WIB

Setiap pemerintah provinsi di Indonesia diharapkan dapat mengelola belanja daerahnya secara efisien dan efektif sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan nilai ekonomi daerah. Berdasarkan provinsi, Maluku merupakan provinsi dengan distribusi komponen pengeluaran konsumsi pemerintah terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar dari sisi pengeluaran.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi komponen pengeluaran konsumsi pemerintah terhadap perekonomian di provinsi tersebut mencapai 37,87% pada kuartal III 2021. Angka tesebut terbesar dari provinsi lainnya di Indonesia. Kontribusi komponen konsumsi pemerintah Maluku tersebut merupakan terbesar kedua setelah komponen konsumsi rumah tangga yang mencapai 67,77%.  

Di urutan kedua, Maluku mempunyai kontribusi pengeluaran pemerintah mencapai 24,21% terhadap PDRB, kemudian belanja pemerintah Nusa Tenggara Timur berkontribusi sebesar 23,44%, lalu Aceh 20,56%, dan Gorontalo sebesar 18,9%.

Terdapat pula Papua dengan kontribusi konsumsi pemerintah terhadap PDRB mencapai 18,77%. Setelahnya ada Bengkulu sebesar 18,03%, kemudian Bengkulu 18,03%, serta Sulawesi Barat dan DKI Jakarta masing-masing sebesar 16,92% dan 15,72%.

Konsumsi pemerintah adalah seluruh pengeluaran pemerintah yang dikeluarkan untuk membiayai kegiatannya, yang terdiri dari pembelian barang dan jasa termasuk bantuan sosial (biaya antara), belanja pegawai, dan penyusutan barang modal, dikurangi dengan hasil penjualan barang dan jasa (output pasar) pemerintah yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pemerintah (bukan dikonsumsi oleh pemerintah).

(Baca: Pengeluaran Konsumsi Pemerintah Kuartal II-2020 Minus 6,9%)

IKLAN
TOPIK

PDB

data terkait