UNICEF: Indonesia Perluas Cakupan Layanan Cuci Tangan Sampai 10% dalam 5 Tahun

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 21/12/2021 16:30 WIB
Daftar Negara Teratas dalam Memperluas Cakupan Layanan Kebersihan Dasar Cuci Tangan (2015-2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia termasuk dalam daftar negara teratas yang paling cepat memperluas cakupan fasilitas kebersihan dasar mencuci tangan pada 2015-2020.

Menurut laporan UNICEF, Indonesia berhasil meningkatkan cakupan layanan kebersihan dasar mencuci tangan sebesar 10% pada 2015 hingga 2020. Angka tersebut menempatkan Indonesia di urutan keempat dari 33 negara yang disurvei oleh UNICEF.

Bangladesh menempati urutan pertama negara dengan peningkatan cakupan layanan kebersihan dasar mencuci tangan tertinggi sebesar 17%. Di urutan berikutnya ada Pakistan dan Sao Tome Principe yang masing-masing berhasil meningkatkan cakupan mencuci tangan sebesar 16% dan 12%.

Persentase perluasan cakupan layanan cuci tangan di Mongolia sama dengan Indonesia yaitu sebesar 10% pada 2015-2020. Kemudian, Kirgistan dan Guinea-Bissau dengan perluasan cakupan layanan cuci tangan sebesar 8%.

Kebersihan tangan bukan lagi menjadi pilihan, tetapi kewajiban yang harus dipenuhi. Kebiasaan mencuci tangan yang benar dapat mencegah penyakit dan menghentikan penyebaran virus serta bakteri.

(Baca Selengkapnya: 71% Penduduk Dunia Telah Miliki Akses Kebersihan Dasar Cuci Tangan pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.