IKLAN

Angka Kesakitan Anak Usia Dini di Kepulauan Riau Terendah se-Indonesia

10 Provinsi dengan Angka Kesakitan Anak Usia Dini (0-6 Tahun) Terendah (2021)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 15 Desember 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Annissa Mutia

16/12/2021, 13.23 WIB

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kesakitan (morbiditas) anak usia dini di Kepulauan Riau (Kepri) sebesar 5,78%. Angka tersebut merupakan yang terendah dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

Terdapat sekitar 5 dari setiap 100 anak usia dini di Kepulauan Riau yang menderita penyakit. Itu menujukkan bahwa Kepulauan Riau merupakan provinsi dengan derajat kesehatan anak usia dini yang baik dan tertinggi secara nasional.

Provinsi dengan angka kesakitan anak usia dini terendah berikutnya adalah Papua, yakni sebesar 8,28%. Kemudian diikuti Kalimantan Timur dengan angka kesakitan anak usia dini sebesar 9,15%.

Selanjutnya, angka kesakitan anak usia dini di Kalimantan Tengah sebesar 9,21%. Di Jambi dan Kalimantan Utara tercatat masing-masing sebesar 9,49% dan 9,79%.

Adapun, angka kesakitan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui derajat kesehatan di suatu wilayah. Semakin rendah angka kesakitan mengindikasikan semakin membaiknya derajat kesehatan masyakarat di suatu wilayah tersebut.

(Baca: Angka Kesakitan di Sumatera Selatan Turun Menjadi 12,2% pada 2020)

IKLAN