IKLAN

6,7% Anak Berusia di Bawah 5 Tahun di Dunia Menderita Kekurangan Berat Badan

Persentase Anak di Bawah 5 Tahun yang Mengalami Wasting Menurut Wilayah di Dunia (2020)

Sumber : United Nations Childrens Fund (UNICEF),

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

16/12/2021, 11.40 WIB

UNICEF melaporkan sebanyak 45,4 juta atau 6,7% anak berusia di bawah 5 tahun di dunia menderita wasting atau kekurangan berat badan pada 2020. Asia Selatan merupakan wilayah yang memiliki persentase tertinggi mencapai 14,7%.

Wilayah Afrika Barat dan Tengah menempati urutan kedua dengan persentase wasting pada anak di bawah usia 5 tahun sebesar 7,2%. Berikutnya, wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara sebesar 6,3%.

Persentase wasting pada anak di wilayah Afrika Timur dan Selatan tercatat sebesar 5,3%. Kemudian di wilayah Asia Timur dan Pasifik sebesar 3,7% serta wilayah Eropa Timur dan Asia Tengah sebesar 1,9%. Sementara, di Amerika Latin dan Karibia memiliki 1,3% anak menderita wasting.

Wasting biasanya terjadi karena penurunan berat badan drastis akibat tidak tercukupinya kebutuhan zat gizi harian anak. Implikasinya, seorang anak akan mudah terserang penyakit dan mempengaruhi kemampuan intelektualnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa wasting adalah salah satu masalah kesehatan utama, sebab kondisi ini berhubungan langsung dengan angka kejadian suatu penyakit (morbiditas).

(Baca Selengkapnya: Jumlah Balita Stunting di Dunia Menurun, tapi Tak Merata)

IKLAN