Indeks Ketimpangan Gender Nusa Tenggara Barat Tertinggi di Indonesia

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 14/12/2021 10:30 WIB
10 Provinsi dengan Indeks Ketimpangan Gender Tertinggi (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indeks ketimpangan gender (IKG) di Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi yang tertinggi di antara provinsi lainnya di Indonesia. Itu berdasarkan hasil kajian penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatatkan skor IKG provinsi tersebut sebesar 0,531 poin pada 2020.

Kendati demikian, skor IKG di NTB membaik jika dibandingkan pada 2019 yang sebesar 0,543 poin. Sejak 2019, skor IKG di NTB pun merupakan yang tertinggi. Hal itu menunjukkan, capaian kesetaraan gender di NTB menjadi yang terendah dari provinsi lainnya di Indonesia.

Sulawesi Tenggara berada di posisi kedua dengan skor IKG sebesar 0,51 poin pada tahun lalu. Setelahnya ada Jambi dengan skor IKG sebesar 0,505 poin.

Adapun, provinsi dengan skor IKG terendah adalah DI Yogyakarta, yakni 0,069 poin pada 2020. Hal ini menunjukkan bahwa capaian kesetaraan gender terbaik ditempati DI Yogyakarta. Di atasnya ada DKI Jakarta dengan skor IKG sebesar 0,166 poin, Bali 0,225 poin, dan Jawa Tengah 0,256 poin.

IKG menggambarkan kerugian atau kegagalan (loss) dari pencapaian pembangunan manusia akibat adanya ketidaksetaraan gender yang diukur dari aspek kesehatan, pemberdayaan, serta akses dalam pasar tenaga kerja. Pengukuran IKG dilakukan untuk membantu pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan dalam mengevaluasi capaian pembangunan menurut gender dan menemukan solusi perbaikannya.

(Baca: Indeks Pemberdayaan Gender Kalimantan Tengah Tertinggi di Indonesia pada 2020)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.