Peraih Gelar Ballon d’Or Terbanyak Sepanjang Sejarah, Siapa Saja?

Pesepak Bola yang Memenangkan Ballon d’Or Lebih dari Sekali (1956-2021)

Sumber : Statista, 30 November 2021

Disalin..

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Annissa Mutia

1/12/2021, 15.20 WIB

Lionel Messi kembali menerima gelar pesepak bola terbaik dunia versi France Football melalui penghargaan Ballon d'Or pada 2021. Menurut laporan Statista, pesepak bola asal Argentina itu secara total telah memperoleh tujuh gelar Ballon d'Or alias terbanyak sepanjang sejarah.

Gelar pesebak bola terbaik dunia tahun ini diraih Messi setelah berhasil mengalahkan striker Bayern Munchen Robert Lewandowski dan gelandang Chelsea Jorginho. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) tersebut menang setelah memperoleh 613 poin. Sementara, Lewandowski tercatat hanya mengumpulkan 580 poin dan Jorginho 460 poin.

Advertisement

Semenjak penghargaan ini diperkenalkan oleh France Football pada 1956, sudah ada 43 pemain yang pernah mengangkat trofi berbentuk bola emas ini. Namun, hanya ada 10 pesepak bola yang meraih penghargaan bergengsi ini sebanyak dua kali atau lebih.

Pesepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, berada di peringkat kedua dengan total perolehan lima gelar Ballon d'Or. Kemudian, Johann Cruyff (Belanda), Michael Platini (Prancis), dan Marco van Basten (Belanda) masing-masing memperoleh tiga gelar Ballon d'Or.

Sementara pesepak bola lainnya yang masuk daftar ini masing-masing mendapat dua gelar Ballon d'Or. Mereka adalah Alfredo Di Stéfano (Spanyol), Franz Beckenbauer (Jerman Barat), Kevin Keegan (Inggris), Karl-Heinz Rummenigge (Jerman Barat), dan Ronaldo (Brasil). 


(Baca: Ungguli Messi, Cristiano Ronaldo Jadi Pesepak Bola Berpendapatan Tertinggi pada 2021)

data terkait