Penduduk Rentan yang Terima Bantuan Tunai di Singapura Capai 100% Saat Pandemi, Bagaimana Indonesia?

Demografi
1
Dwi Hadya Jayani 19/11/2021 15:10 WIB
Proporsi Penduduk Rentan yang Menerima Bantuan Sosial Tunai (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank) melaporkan, sebanyak 16,5% penduduk rentan Indonesia menerima bantuan sosial tunai pada 2020. Angka ini termasuk rendah jika dibandingkan dengan negara lainnya di Asia Tenggara.

Penduduk rentan Singapura yang menerima bantuan sosial mencapai 100% selama pandemi, tertinggi di Asia Tenggara. Kemudian, Thailand menyusul dengan persentase 54,3% penduduk rentan menerima bantuan sosial tunai.

Timor Leste berada di posisi ketiga dengan persentase 54,3%. Lalu, penduduk rentan Vietnam yang mendapatkan bantuan sosial tunai sebanyak sebanyak 24,6% dan penduduk Filipina 22,4%.

Brunei Darussalam berada di posisi tujuh di Asia Tenggara. Persentase penduduk rentan yang mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar 14,7%. Laos menyusul dengan persentase 7,7%.

Sementara tiga negara di Asia Tenggaraa menjadi negara yang paling sedikit memberikan bantuan sosial tunai pada masa pandemi. Penduduk yang mendapatkan bantuan sosial tunai di Kamboja sebanyak 4,3% penduduk rentan, Malaysia 2,1% penduduk, dan Myanmar hanya 1,1% penduduk.

(Baca: 42% Penerima BPUM Menilai Kapasitas dan Kinerja Usaha Mereka Naik Setelah Menerima Bantuan)

Sebagai informasi, pemerintah negara di dunia memberikan jaring pengaman sosial pada masa pandemi, salah satunya bantuan sosial tunai. Tujuannya untuk melindungi penduduk miskin dan rentan miskin agar dapat bertahan dari krisis pandemi Covid-19.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua