Penduduk Rentan yang Terima Bantuan Tunai di Singapura Capai 100% Saat Pandemi, Bagaimana Indonesia?

Proporsi Penduduk Rentan yang Menerima Bantuan Sosial Tunai (2020)

Sumber : Asian Development Bank (ADB), 2021

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Annissa Mutia

19/11/2021, 15.10 WIB

Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank) melaporkan, sebanyak 16,5% penduduk rentan Indonesia menerima bantuan sosial tunai pada 2020. Angka ini termasuk rendah jika dibandingkan dengan negara lainnya di Asia Tenggara.

Penduduk rentan Singapura yang menerima bantuan sosial mencapai 100% selama pandemi, tertinggi di Asia Tenggara. Kemudian, Thailand menyusul dengan persentase 54,3% penduduk rentan menerima bantuan sosial tunai.

Advertisement

Timor Leste berada di posisi ketiga dengan persentase 54,3%. Lalu, penduduk rentan Vietnam yang mendapatkan bantuan sosial tunai sebanyak sebanyak 24,6% dan penduduk Filipina 22,4%.

Brunei Darussalam berada di posisi tujuh di Asia Tenggara. Persentase penduduk rentan yang mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar 14,7%. Laos menyusul dengan persentase 7,7%.

Sementara tiga negara di Asia Tenggaraa menjadi negara yang paling sedikit memberikan bantuan sosial tunai pada masa pandemi. Penduduk yang mendapatkan bantuan sosial tunai di Kamboja sebanyak 4,3% penduduk rentan, Malaysia 2,1% penduduk, dan Myanmar hanya 1,1% penduduk.

(Baca: 42% Penerima BPUM Menilai Kapasitas dan Kinerja Usaha Mereka Naik Setelah Menerima Bantuan)

Sebagai informasi, pemerintah negara di dunia memberikan jaring pengaman sosial pada masa pandemi, salah satunya bantuan sosial tunai. Tujuannya untuk melindungi penduduk miskin dan rentan miskin agar dapat bertahan dari krisis pandemi Covid-19.

data terkait